Kuota Penuh, Mahasiswa Kena Dampaknya

UNSOED, Cahunsoed– Selasa (15/3). Tragedi mahasiswa melebihi kuota saat kuliah kembali terulang di Fakultas Biologi UNSOED. Mahasiswa-mahasiswi Fakultas Biologi terpaksa menikmati beberapa mata kuliahnya dengan suasana yang tidak kondusif. Bagaimana tidak, kuota mahasiswa yang target awalnya 60 mahasiswa, ternyata ketika pelaksanaan kuliahnya melebihi batas tersebut, bahkan terkadang bisa mencapai sekitar 120 mahasiswa. Ruang satu dan ruang empat merupakan tempat kuliah yang paling sering terjadi kelebihan kuota mahasiswa.

Ternyata kejadian serupa pun dialami pada Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNSOED. Dampak kelebihan kuota mahasiswa saat perkuliahan terlihat sekali dijurusan ini, seperti fenomena “angkat kursi” oleh mahasiswa yang tidak sempat mendapatkan kursi ketika mereka ingin mengikuti suatu mata kuliah. Mereka dengan terpaksa harus mengambil kursi dari luar untuk ikut mata kuliah yang mereka ambil. Bahkan kemarin (senin, 14) sempat terjadi kejadian dimana beberapa mahasiswa terpaksa mengikuti kuliah di luar kelas akibat ruang kuliah yang sudah penuh.

“kuliah jadi ngga efektif, bahkan serasa tidak adil bagi mereka yang tidak bisa ikut kuliah akibat kelebihan kuota mahasiswa,” keluh Imam, mahasiswa Ilmu Komunikasi 2009.

Tak hanya Imam, mahasiswa Fakultas Biologi 2009 yang akrab dipanggil Imay pun menuturkan hal serupa. “Proses pembelajaran pas perkuliahan menjadi tidak efektif lagi dengan kejadian ini,” sesal mahasiswa yang tergabung dalam UKM Olahraga Fakultas Biologi ini. (aguz)

6 Tanggapan

  1. kayaknya bukan biologi yah ?😀
    kasian yak ga kebagian tempat duduk dan oksigen jadi semakin berkurang, bukan kuliah namanya tapi nonton bareng,

    • biologi juga mengalami hal serupa. tapi berbeda dampak, kalo biologi seperti itu, kalo ilmu komunikasi sampai angkat-angkat kursi🙂
      coba deh baca, fakultas Biologi dan jurusan ilmu komunikasi mengalami kondisi kelebihan kuota mahasiswa.

  2. gerahh gan !!!!!!!
    udah penuh ,panas nya minta ampun
    ac nya nyala ga???

  3. Bagus nih…
    apa sengaja ditumpuk jadi satu biar rasa kekerabatannya makin erat yaa? hahaha
    hanya unsoed dan Tuhan yang tahu😀

  4. padahal BOPP udah selangit ==a

  5. keperawatan juga sering malah????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: